Saturday, April 7, 2007

Perjalanan waktu

Dalam hidup ini manusia menelusuri perjalanan panjang menurut waktu masing masing. Walau semua tahu kapan perjalanan itu dimulai, tetapi semua tidak akan tahu kapan perjalanan itu akan berakhir. Waktu berjalan terus untuk masing masing anak manusia.

Waktu tak pernah akan bisa berhenti atau berputar ulang. Di akhir perjalanan itu, penguasa waktu telah menunggu, Sang Kala atau Batara Kala. Dialah yang mempunyai catatan kapan perjalanan waktu harus berakhir bagi masing masing anak manusia.

Dalam perjalanan yang panjang ini kita bertemu banyak orang. Mungkin hanya sesaat, mungkin berjalan bersama untuk beberapa lama, atau bahkan berjalan bersama selamanya sampai ke akhir masa. Dalam perjalanan inilah kita saling bersapa, saling bertukar pikiran dan saling mengisi.

Dunia maya telah mengubah tata hubungan komunikasi antar manusia. Kita menelusuri dunia maya dan bertemu dengan teman baru. Bertegur sesaat dan berpisah kembali, terus berjalan sesuai dengan arah dan tujuan masing masing.

Saya memulai tulisan ini untuk menggambarkan perjalanan waktu saya. Tidak semuanya. Hanya yang sempat terekam dalam benak dan kenangan saya. Pengembaraan saya dalam dunia maya juga ingin mencari , ingin bercerita, seolah bercerita ke anak saya yang telah tiada, Saworo Tino Triatmo.

Dia memang telah tiada, 13 Desember 1997. Tetapi bagi saya dia mungkin masih ingin mendengar cerita cerita saya. Cerita tentang perjalanan, tentang manusia, tentang waktu dan seterusnya.

Saya ingin bercerita padanya tentang perjalanan perjalanan saya. Sambil menunggu waktu yang sebentar akan tiba, waktu di mana saya akan bertemu kembali dengannya.

Salam untuk semua.

No comments: