Wednesday, February 13, 2008

Dunia maya - pengembaraan tanpa batas

Saya terhenyak Ketika seorang teman mengingatkan bahwa pergaulan dunia maya adalah pergaulan semu. Tidak mencerminkan dunia nyata. Hanya yang tak mampu bersosialisasi di dunia nyata, menikmati pergaulan dunia maya. Mungkin dia benar juga. Untuk persepsi dirinya sendiri. Cerminan pengalaman perjalanan pribadi.

Bagi saya dunia maya adalah media untuk mengembara dunia yang tak berbatas. Kita menelusuri pelosok dunia meskipun lewat dunia maya. Kita melihat realita pelosok dunia dengan warna warni kehidupan melalui media dunia maya. Kita bertegur sapa dengan teman dan sahabat. teman dan sahabat itu adalah nyata. Hanya pertemuannya lewat dunia maya. Tak mengurangi arti persahabatan sama sekali.

Di masa kecil lauman saya selalu menerawang ingin menembus batas cakrawala. Hanya lamunan pengembaraan angan angan ke dunia yang tak berbatas. Lewat dunia maya saya merasa memiliki kesempatan untuk mengembara ke pelosok pelosok dunia. Pengembaraan tanpa batas. Bukan hanya lewat lamunan. Sapaan hangat dan persahabatan itu nyata adanya. Walau hanya lewat dunia maya. Pengembaraan tak berbatas.

No comments: